SOAL LATIHAN BAN DAN RODA SEMESTER GENAP
KELAS X TKR 1 OTOMOTIF 2013
A.
Soal pilihan ganda (1-20)
1.
Apabila tekanan ban depan
kurang angin, akan terjadi pengendalian kendaraan sbb:
a.
akan terasa berat
saatkendaraan berbelok
|
|
b.
kendaraan akan cenderung
bergerak ke satu arah
|
|
c.
stang kenudi terasa berat
|
|
d.
cenderung lurus terus sulit
dibelokkan
|
|
2.
Ban dengan kode 2.75 – 18 4
PR/42 P, nilai 2.75 menunjukkan
a. lebar ban dalam satuan inchi
|
c. kode batas kecepatan
|
b. kode beban maksimum
|
d. jumlah lapisan penguat
|
3.
Lihat soal no.2. angka 4 PR
menunjukkan
a. lebar ban dalam satuan inchi
|
c. kode batas kecepatan
|
b. kode beban maksimum
|
d. jumlah lapisan penguat
|
4.
Lihat no.2 . Huruf 42 berarti:
a. lebar ban dalam satuan inchi
|
c. kode batas kecepatan
|
b. kode beban maksimum
|
d. jumlah lapisan penguat
|
5.
Jenis kembang pada ban yang
dipakai untuk roda belakang sepeda motor biasanya memakai jenis:
a. rib pattern
|
c. semi pattern
|
b. block pattern
|
d. u-lug
|
6.
Apabila kampas rem terdapat
endapan kotoran, akan mengakibatkan:
a. rem berbunyi pada saat diinjak/ditekan
|
c. rem menggesek
|
b.rem macet
|
d. rem tidak berfungsi
|
7.
Putaran roda yang tidak
halus/lancar disebabkan oleh
a. terjadi kerusakan pada suspensi
|
c. penyetelan rem tidak tepat
|
b. kelainan pada gigi speedometer
|
d. jari-jari terlalu kencang
|
8.
Berikut adalah bagian dari
ban,kecuali
a. bead
|
c. tread pattern
|
b. shim
|
d. groove
|
9.
Jenis ban yang dapat dipakai
pada kondisi jalan basah maupun kering biasa disebut
a. ban multi
|
c. ban bias
|
b. ban radial
|
d. ban mighty
|
10. Ply rating pada ban dimaksudkan untuk menunjukkan
a. indek ketahanan ban
|
c. idek keawaetan ban
|
b. indek kekuatan ban
|
d. indek kelenturan ban
|
11. Fungsi teromol roda adalah sebagai
a. dudukan sistem rem hidrolik
|
c. dudukan sistem rem mekanik
|
b. dudukan sistem rem cakram
|
d. dudukan sistem suspense
|
12. Aspect ratio pada ban menunjukkan arti
a. perbandingan antara tinggi dengan luas
ban
|
|
b. perbandingan antara tinggi dengan
lebar penampang ban
|
|
c. perbandingan antara diameter dengan
lebar penampang ban
|
|
d. perbandingan antara diameter dengan
luas ban
|
|
13. Karakteristik ban dalam adalah sebagai berikut kecuali
a. regangan yang kecil
|
c. punya ketahanan kuat terhadap tusukan
|
b. tahan terhadap keausan
|
d. dapat meradiasikan panas saat ban
berputar
|
14. Untuk melepas dan memasang roda belakang mobil digunakan peralatan
seperti
a. jack stand, dongkrak, kunci ring, palu
|
c. kunci ring, jack stand, dongkrak, kunci momen
|
b. dongkrak, kunci ring, tang, obeng
|
d. kunci ring, tang, jack stand, palu
|
15. Fungsi ban dalam adalah sebagai berikut, kecuali
a. memelihara tekanan angin
|
c. menerima beban kendaraan
|
b. mengurangi gesekan ban luar dengan
jalan
|
d. menjaga tekanan ban tetap stabil
|
|
|
16. Ban jenis tubeless menggunakan jenis pentil
a. pelek
|
c. dasar karet
|
b. karet
|
d. dasar logam
|
17. Berikut adalah macam-macam pentil pada ban, kecuali
a. pentil karet
|
c. pentil pelek
|
b. pentil dasar karet
|
d. pentil valve
|
18. Ban dengan batas kecepatan 210 Km/h max ditunjukkan dengan huruf
a. P b. S
|
c. H d. V
|
19.
Torsi
kekencangan jari-jari pelek sepeda motor adalah sebesar
a. 10-25 Kgf.cm
|
c. 15-40 Kgf.cm
|
b. 15-25 Kgf.cm
|
d. 15-45 Kgf.cm
|
20. Berikut adalah macam getaran roda mobil, kecuali
a. wheel as
|
c. wheel shimmy
|
b. wheel run
|
d. wheel tread
|
B.
Soal essay (1-3)
1.
Sebutkan
4 akibat bila tekanan angin ban terlalu tinggi!
2.
Apa
keuntungan ban tanpa ban dalam (tubeless) dibanding dengan ban dengan ban
dalam?
3.
Apa yang dimaksud dengan :
groove, tread, bead, dan valve core pada ban?
Geen opmerkings nie:
Plaas 'n opmerking